Cara Remote Desktop Tanpa Internet Dan Aplikasi Pihak Ketiga

Mengendalikan laptop atau desktop orang lain, pasti sudah tidak jarang lagi Anda lakukan. Nah, pada postingan ini, kita akan membahas mengenai cara remote desktop di windows. Biasanya, jika ingin melakukan remote desktop, mungkin Anda menggunakan software pihak ketiga, dan umumnya juga dibarengi dengan koneksi internet. Tapi, di postingan kali ini, yang akan kita bahas adalah cara meremote desktop komputer lain tanpa koneksi internet dan software pihak ketiga.



Mungkin remote desktop yang sebelumnya teman-teman lakukan menggunakan software pihak ketiga yang saat ini sangat terkenal, yakni menggunakan team viewer. Nah, disini kita akan membuat pula remote desktop tapi tidak terlalu seperti team viewer. Karena yang kita ketahui saat ini, team viewer dapat digunakan untuk remote desktop dalam jarak jauh, selama kedua komputer terkoneksi dengan internet. Remote desktop kali ini, hanya menggunakan software bawaan windows, dan hanya menggunakan jaringan lokal. Baik, langsung saja disimak tutorialnya di bawah ini.


Syarat: 

  • Pastikan kedua laptop yang akan digunakan untuk aktivitas sharing, sudah berada dalam satu jaringan yang sama (sejaringan).
  • Pasttikan PC yang akan diremote memiliki password user.

1. Pertama-tama, buka my computer yang terdapat pada desktop, ataupun tekan Windows+E.


2. Setelah itu, klik kanan pada my computer lalu pilih properties. lihat gambar di bawah ini

3. Pada tampilan yang dimunculkan, klik "remote setting" yang berada di sebelah kiri.


4. Selanjutnya, pastikan Anda berada di tab remote. Disini, pada bagian "Remote Desktop" ubahlah yang awalnya "Dont allow connections to this computer". menjadi "Allow connections from computers running any version of remote desktop (less secure)". Kemudian klik "apply" lalu "OK".


Maksud dari langkah ini adalah untuk mengizinkan adanya koneksi pada komputer yang akan kita remote ataupun pada komputer kita. Jadi, semua langkah diatas harus dilakukan oleh kedua komputer.

5. Selanjutnya, kita masuk ke tahap untuk melakukan remote desktopnya, karena tadi kita sudah melakukan settingan agar setiap desktop dapat melakukan aktivitas remote. 

Untuk itu, selanjutnya bukalah aplikasi "remote desktop connection" dengan cara Klik tombol start / start button, lalu cari "remote desktop connection", dan bukalah aplikasi tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


6. Pada tampilan yang dimunculkan, isilah pada bagian "Computer" dengan ip address dari laptop / komputer yang akan Anda remote, dan isikan "NamaPC\User" pada bagian "username. Untuk lebih jelasnya silahkan diperhatikan gambar di bawah ini.


7. Setelah itu, masukkanlah password dari laptop / komputer yang akan Anda remote lalu klik OK. Jika laptop / komputer yang akan Anda remote tidak memiliki password, berikanlah password terlebih dahulu agar aktivitas remote dapat berlangsung. 


8. Pada tampilan yang dimunculkan klik "yes".


9. Setelah mengklik "yes", maka laptop Anda akan dialihkan ke dalam desktop laptop / komputer yang Anda telah masukkan datanya tadi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.



10. Dengan demikian Anda sudah dapat mengendalikan / remote desktop laptop / komputer lain. Tetapi, jika dalam proses remote, desktop yang Anda remote berada di dalam keadaan log out. Jadi apabila laptop / komputer yang sedang Anda remote log in kembali, maka Anda juga tidak dapat lagi meremote desktop laptop / komputer itu lagi, kecuali jika Anda memasukkan kembali user dan password dari laptop tersebut.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan dapat dengan mudah di pahami. Sampai jumpa di tampilan berikutnya.








4 Responses to "Cara Remote Desktop Tanpa Internet Dan Aplikasi Pihak Ketiga"

  1. nice info gan,dengan begini saya bisa remote computer saya yang ada di kantor

    ReplyDelete
  2. ohhh gtu cranya heheheh baru tau tanpa koneksi juga bisa

    ReplyDelete
  3. Kalo remotenya lewat android bisa gak min?

    ReplyDelete