Penjelasan Lengkap Tentang CMS


Penjelasan Lengkap Tentang CMS


Belajar mengelola web adalah suatu hal yang sangat diminati dan mungkin juga sangat disukai saat ini. Karena dengan kemampuan mengelola web kita bisa mendapatkan penghasilan yang sangat banyak. Mungkin sebelumnya, untuk bisa mampu melakukan pengelolaan web kita harus mengetahui banyak hal tentang bahasa pemrograman web. Tapi, saat ini sudah ada suatu aplikasi web yang dapat membantu kita dalam belajar web, tanpa perlu tahu banyak tentang bahasa pemrograman web. Aplikasi tersebut disebut CMS.



Apa itu CMS ?

CMS adalah singkatan dari Content Management System yang merupakan aplikasi web yang berisikan template yang dapat mempermudah dalam melakukan pengelolaan isi halaman web. Untuk menggunakan CMS, tidak perlu pengetahuan yang handal mengenai bahasa pemrograman web, karena penggunaan CMS ini sudah user friendly.

Saat ini, sudah banyak jenis CMS, yang umumnya CMS banyak dibuat dengan menggunakan bahasa scripting PHP dan MySQL sebagai pengelola databasenya. sudah banyak vendor yang menciptakan dan mengembangkan CMS, ada yang berbayar dan adapula yang gratis. Perkembangan CMS ini dipicu oleh perkembangan web 2.0 yang memungkinkan terjadinya interaksi yang luas antara pengelola web dan pengunjung web. Selain itu, perkembangan CMS ini dipicu oleh kebutuhan masyarakat dan pelaku bisnis, karena dengan CMS, semua urusan bisnis yang berhubungan dengan web dapat dilakukan secara mudah.

CMS ini adalah pilihan tepat yang dapat kita gunakan untuk belajar menegenai web. Karena sesuai dengan yang saya jelaskan tadi, bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan. Saat ini sudah banyak jenis CMS yang dikembangkan oleh vendor yang berbeda-beda.

Macam-macam CMS

Berikut adalah beberapa macam CMS dari sekian banyak CMS yang ada saat ini, beserta penjelasannya secara singkat.

1. Joomla


Joomla adalah suatu CMS yang awalnya umum digunakan untuk membuat website berbentuk personal website. Tetapi, seiring perkembangan, saat ini joomla sudah dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan. Diantaranya:
  • Situs Web perusahaan
  • Intranet perusahaan dan ekstranet
  • Majalah online, dan surat kabar
  • E-commerce dan reservasi online
  • Aplikasi pemerintah
  • Situs Web bisnis kecil
  • Situs Web organisasi
  • Portal berbasis masyarakat
  • Situs Web sekolah 
  • Situs web pribadi / keluarga
2. Wordpress

Wordpress adalah CMS yang bersifat open source. Jadi Anda dapat menggunakan wordpress ataupun melakukan pengembangan secara gratis tanpa melakukan pembayaran di pihak manapun. Awalnya wordpress ini hanya digunakan untuk website berbasis personal blog. Tetapi seiring perkembangan, Anda dapat menggunakan wordpress untuk berbagai macam kebutuhan web.

3. PrestaShop


PrestaShop adalah CMS yang diciptakan dan didesign khusu untuk kegiatan e-commerse, yang dapat dibahasakan sebagai cms yang berbasis toko online. Mungkin dari penjelasan singkat mengenai cms prestashop ini Anda sudah dapat mengerti bagaimana cms prestashop itu.

4. Moodle

Moodle adalah jenis CMS yang sangat populer dengan fungsinya yaitu untuk membuat suatu website berbasis e-learning. Berbicara mengenai e-learning mungkin Anda sudah mendapat gambaran yang sangat jelas mengenai cms ini.

5. Balitbang


Balitbang adalah salah satu CMS kebanggaan Indonesia. CMS ini dibuat oleh kemendikbud (kementrian pendidikan dan kebudayaan). Mendengar kemendikbud, tentunya cms ini berhubungan dengan pendidikan. CMS ini didesign khusus untuk digunakan pada website sekolah. CMS ini telah dipakai oleh berbagai sekolah yang ada di Indonesia. 


Sudah mengerti kan apa itu CMS dan beberapa hal yang menyangkut CMS setelah membaca postingan ini ? Semoga postingan ini dapat dipahami dan dapat bermanfaat. Sampai jumpa di postingan Intutoko selanjutnya.





0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang CMS"

Post a Comment