Cara Memempercepat Proses Shutdown Di Windows 7

Proses Shut Down adalah proses yang dilakukan jika kita sudah selesai melakukan aktivitas di laptop kita. Tapi, proses shut down kadang pula menjadi hal yang dapat membuat sobat menjadi jengkel, karena proses yang kadang lama atau bahkan sangat lama. Proses shut down yang mungkin tidak pernah dipedulikan dapat pula menjadi hal yang tidak menyenangkan. Disini, kita akan membahas mengenai hal yang dapat membantu sobat-sobat sekalian yang sedang mengalami masalah pada waktu proses shutdown yang lama.


Untuk mempercepat proses shut down pada laptop sobat yang OS nya windows 7, tentunya harus dilakukan pengaturan-pengaturan pada sistem windowsnya. pengaturannya dilakukan dengan cara mengubah waktu shutdown pada regedit. Untuk itu, langsung saja perhatikan tutorialnya di bawah ini.


1. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka registry editor yang merupakan software bawaan windows dengan cara menekan "Windows+R" pada keyboard lalu mengetikkan "regedit", dan selanjutnya menekan enter. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


2. Setelah itu, maka akan muncul tampilan dari registry editor seperti pada gambar di bawah ini. Disini, tekan tombol panah kecil yang berada di samping kiri tulisan "HKEY_LOCAL_MACHINE".


3. Selanjutnya, klik lagi tanda panah kecil yang ada disamping kiri tulisan "SYSTEM".


4. Setelah itu klik lagi tanda panah kecil yang ada pada samping kiri tulisan "ControlSet001".


5. Selanjutnya, klik folder dengan nama "Control". untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.


6. Setelah itu, perhatikan panel di sebelah kanan, perhatikan tulisan "WaittoKillSecrvice". Disini, klik kanan pada tulisan tersebut lalu pilih "Modify"


7. Setelah itu, maka akan muncul kotak "edit string dari" WaittoKillService" tadi. disini, yang harus Anda perhatikan adalah pada bagian "Value Data". di bagian inilah yang harus sobat sekalian ubah. secara default. Value data adalah 1200. Maksud dari 1200 ini adalah waktu shutdown yang durasinya 12 detik. jadi disini sobat harus merubahnya sesuai dengan yang sobat inginkan. Disini saya merubah menjadi value data menjadi 400 yang aritnya 4 detik.



8. Enjoy !

Cukup mudah kan untuk mengatasi shut down yang memerlukan durasi waktu lama ? nah sekian tutorial kali ini. apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan di komen. Sampai jumpa di tutorial InTutoKo selanjutnya. ^_^

17 Responses to "Cara Memempercepat Proses Shutdown Di Windows 7"

  1. Ty Gan Laptop Ane Lelet

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan. sering berkunjung di sini yahh !

      Delete
  2. weh nambah ilmu sob!
    Back yah :)

    www.stylec0de.gq

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke broooo ! sering visit d sini yah ! :v

      Delete
  3. Oh seperti itu caranya, ijin praktek ya sob. Thx info

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sob. kalo nggak work. bisa konsultasi disini kok ! nanti saya bantu

      Delete
  4. apa itu ga menyebabkan kerusakan ke depannya mas? soalnya kan komputer membutuhkan waktu agak lama untuk men close aplikasi2 atau system2 yg berjalan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo berdasarkan pengalaman saya gan. kayaknya nggak gan. soalnya udah banyak teman yang pakai trik ini, tapi nggak ada yang pernah rusak kok ! ^_^

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Coba saya terapkan semua yang agan ajarkan dalam artikel mengenai cara mempercepat shot down karena kebetulan laptop saya lambat sekali saat mau dimatikan

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete