Cara Menambah Kapasitas RAM Menggunakan Flash Disk

Kapasitas RAM yang banyak sangat membantu kita, karena dengan kapasitas RAM yang banyak, maka kinerja dari laptop / komputer kita akan menjadi lebih cepat. Apabila sobat sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan, ataupun sobat sering membuka game yang memerlukan kapasitas RAM yang tinggi, mungkin saja komputer / laptop sobat menjadi lemot. Tapi, untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan membagikan bagaimana caranya agar Kapasitas RAM pada laptop / komputer sobat bisa bertambah.  




Untuk menambah kapasitas RAM pada laptop / komputer sobat, yang harus di persiapkan adalah sebuah flash disk. Nantinya, flashdisklah yang berubah fungsi menjadi RAM, tetapi penggunaan flash disk Anda sebagai media penyimpanan tidak terganggu. Untuk melakukan hal tersebut, sobat tidak perlu mendownload software apapun. Karena software yang digunakan hanyalah software bawaan windows. Fitur windows yang digunakan adalah ReadyBoost. Ok, sekian basa basinya, langsung saja simak tutorialnya di bawah.

1. Pertama, yang harus sobat lakukan adalah mencolokkan flashdisk yang akan sobat gunakan. Lalu melakukan format terhadap flash disk tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Untuk memformat flash disk yang pertama harus sobat lakukan adalah membuka my computer, mengklik kanan pada drive, lalu memilih “format”. Seperti pada gambar di bawah


  • Setelah mengklik format, maka akan muncul panel dari format. Disini yang harus Anda perhatikan adalah, mengubah format flash disk menjadi FAT32(Default). Setelah memastikan telah merubah format menjadi default, selanjutnya klik start, seperti pada gambar di bawah.




  • Setelah menekan "Start", selanjutnya tekan "OK" seperti pada gambar di bawah ini.




  • Setelah menekan OK, maka proses format akan berjalan. Tunggu sampai proses format selesai, dan tekan OK jika proses format telah selesai.




2. Setelah melakukan format pada flash disk, selanjutnya, klik kanan pada drive flash disk, lalu pilih “properties”.



3. Setelah memilih properties, selanjutnya klik tab “ReadyBoost” seperti pada tampilan di bawah ini.




4. Setelah menekan “ReadyBoost tibahlah kita di tahap pengaturan yang paling penting. Disini, Anda harus memilih “Use This Device” agar flash disk dapat digunakan. Setelah memilih “Use This Device” selanjutnya, atur kapasitas fungsi RAM pada flash disk yang Anda inginkan. Disini, saya membuat kapasitas terbanyak yang dapat digunakan, yaitu 4 GB (4094 MB).  Setelah itu, klik “Apply” lalu “OK”.


5. Selesai.

Dengan demikian, flash disk sobat sekarang sudah bertambah fungsinya, yaitu sebagai RAM. Tetapi, sobat masih tetap bisa menggunakannya sebagai media penyimpanan. Berhasilnya flashdisk bertambah fungsi sebagai RAM, dapat dilihat tampilan drive flash disk, yang awalnya kosong, menjadi sedikit terisi, seperti gambar berikut.




Sekian Tutorial kali ini, selamat menikmati kecepatan dari laptop / komputernya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.


1 Response to "Cara Menambah Kapasitas RAM Menggunakan Flash Disk"